Profil Perusahaan
Sejarah AHM
PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor
di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor.
Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari
Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).
Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe
bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun
pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30
ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang
dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif
mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor Honda
tahun 2001 di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya PT
Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor
Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa Manufacturing
Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda Astra Engine
Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT Federal Izumi
Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston.
Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar
sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda
motor Honda ini. Pada tahun 2001 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan
di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi
kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik
Honda Motor Co. Japan. Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Honda Motor saat ini
memiliki kapasitas produksi 4.2 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk
permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Salah satu
puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian
produksi ke 40 juta pada tahun 2013. Prestasi ini merupakan prestasi pertama
yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk
tingkat ASEAN.
Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 3 fasilitas
pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga
berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua,
Kelapa Gading, serta pabrik ke 3 yang berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang
Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru
yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.
Guna
menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda motor Honda, saat PT Astra
Honda Motor di dukung oleh 1.800 showroom penjualan, 3.600 layanan service atau
bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station), serta 7.550 gerai suku
cadang, yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh
Indonesia. Industri sepeda motor saat ini merupakan suatu industri yang besar
di Indonesia. Karyawan PT Astra Honda Motor saja saat ini berjumlah sekitar
20.000 orang, ditambah ratusan vendor dan supplier serta ribuan jaringan
lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar
biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat memberikan
kesempatan kerja kepada sekitar setengah juta
orang. PT Astra Honda Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana
transportasi roda 2 yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan
dan kebutuhan masyarakat Indonesia.
Sekilas Tentang AHM
Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar
biasa. Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek
pendatang baru, sepeda motor Honda yang sudah lama berada di Indonesia, dengan
segala keunggulannya, tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan
angkutan yang tangguh, irit dan ekonomis.Menjawab tantangan tersebut,
organisasi yang berada di balik kesuksesan sepeda motor Honda di Indonesia
terus memperkuat diri.
PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan sinergi
keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan
kerja sama antara Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra
International Tbk, Indonesia. Keunggulan teknologi Honda Motor diakui di
seluruh dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, baik di jalan
raya maupun di lintasan balap.Honda pun mengembangkan teknologi yang mampu
menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin "bandel" dan irit bahan
bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis.
Tidak heran, jika harga jual kembali sepeda motor
Honda tetap tinggi. AHM memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang
kebutuhan para pemakai sepeda motor di Indonesia, berkat jaringan pemasaran dan
pengalamannya yang luas. AHM juga mampu memfasilitasi pembelian dan memberikan
pelayanan purna jual sedemikian rupa sehingga brand Honda semakin unggul.
Visi Misi (Satu Hati)
PT Astra Honda Motor, perusahaan yang menjalankan fungsi produksi,
penjualan dan pelayanan purna jual yang lengkap untuk kepuasan pelanggan dan
memiliki:
Visi :Memimpin pangsa pasar sepeda motor di Indonesia dengan merealisasikan
impian pelanggan, menciptakan kegembiraan dan berkontribusi terhadap masyarakat
Indonesia.
Misi :Menciptakan solusi mobilitas bagi masyarakat Indonesia dengan produk
dan layanan terbaik.
Strategi Bauran
Pemasaran
Marketing Mix / Bauran Pemasaran
Dalam marketing mix perusahaan harus
menetapkan bagaimana cara untuk mensinergikan antara produk, harga, tempat dan
promosi. Bahkan lebih spesifik bahwa perusahaan harus mampu mengalokasikan
anggaran ke berbagai alat pemasaran yang dimiliki. Berikut ini uraian masing masing analisa bagian Marekting Mix
sebagai berikut :
Analisa Produk
Produk berupa barang dan jasa sampai saat ini dikeluarkan oleh AHM adalah:
1) Sepeda Motor merk Honda.
2) Bengkel resmi sepeda motor merk
Honda.
3)
Suku cadang (sparepart) sepeda motor
merk Astra Honda.
4)
Motor Bekas / Second.
Adapun
gambaran umum produk
barang dan jasa
adalah sebagai berikut:
1) Sepeda motor
merk Honda dijual baik dengan cara Cash maupun Kredit misalnya melalui FIF atau
Adira atau jasa pembiyayaan lain. Ada beberapa macam tipe merk motor Honda yang
di perdagangkan seperti Honda Revo, Honda Supra Fit, Honda Mega Pro, Honda
Tiger, Honda Cbr, untuk jenis sepeda motor bebek, dan untuk sepeda motor matic
sendiri ada Honda Beat, Honda Vario dan Honda Spacy.
2) Pelayanan Jasa
Bengkel Sepeda Motor Honda menyebar di seluruh wilayah. Dengan peralatan terbilang baik dan memadai,
perlengkapan untuk service motor dan kinerja pegawai yang sejauh ini cukup
baik. Pelayanan jasa itu sangat penting,
keramahan dan kemampuan pegawai
dalam melayani konsumen serta dalam pengerjaan kendaraan konsumen akan membuat
kepuasaan pelanggan meningkat dan akan memunculkan loyalitas dari konsumen.
3) Suku cadang
(Spare Part) asli motor Honda adalah salah satu produk unggulan Astra Motor.
Walaupun harga relatif mahal tetai kualitas tidak diragukan lagi.
4) Adapun motor
bekas/motor Second yang diperdagangkan adalah motor yang tidak
dapat lagi dibayarkan
iuran bulanan oleh
konsumen yang melakukan
pembelian
secara kredit atau dengan kata lain
kredit macet, yang kemudian motor tersebut ditarik kembali oleh pihak dealer
dan nantinya direkondisi yang kemudian akan di jual kembali sebagai motor
second.
Analisa Promosi
(Promotion)
Bentuk-bentuk promosi pemasaran yang
dilakukan oleh AHM, terdapat berbagai macam. Tetapi secara umum dan untuk
mempermudah, dapatdi kategorikan menjadi dua bagian yaitu periklanan dan
sponsor, dengan uraian sebagai berikut :
Periklanan
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak
langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan sepeda motor Honda.
Biasanya disusun rangkaian kata-katanya sedemikian rupa dengan mengubah pikiran
seseorang untuk membeli motor Honda (baru/second), sparepart asli motor Honda
maupun perbaikan di bengkel resmi Honda. Artinya hal ini sesuai dengan pendapat
philip kotleryang menyebutkan bahwa
iklan adalah bentuk komunikasi
non-personal, yang melakukan penyebaran pesan informasi dan persuasi
melalui media massa kepada kelompok sasaran tertentu mengenai suatu organisasi,
barang, jasa maupun ide dengan pencantuman sponsor yang jelas.
Adapun kegiatan periklanan yang dilakukan oleh AHM dengan berbagai macam cara di antaranya
melalui media cetak seperti surat kabar, media luar ruangan seperti baliho dan
spanduk, layar kaca (televisi), internet dll. Tetapi umumnya masing – masing
unit usaha atau diferensiasi dari Honda melakukan promosi masing – masing.
Sehingga akan banyak kita jumpai berbagai jenis iklan yang menawarkan produk
honda sesuai dengan segmentasinya.
Sponsorship
Kegiatan sponsorship yang dilaksanakan
oleh AHM bertujuan untuk lebih mensosialisasikan produk kepada masyarakat luas
melalui berbagai kegiatan seperti, sponsor kegiatan amal, festival musik,
olahraga dan lain sebagainya. Dalam hal
ini yang berperan adalah public relation. Seperti halnya pendapat Kotler dan Amstrong yang menyebutkan
public relation adalah suatu fungsi manajemen yang melakukan
evaluasi sikap masyarakat, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi
dan/atau perorangan yang dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta
melaksanakan program yang sistematis
untuk mencapai pemahaman dan penerimaanmasyarakat dalam upaya
memperoleh citra positif.Dimana salah
satu perangkat atau alat yang digunakan adalah kontribusi sosial, dan
pendanaan.
Analisa Harga
(Price)
Harga untuk tarif produk
dan jasa yang
di berikan dan yang di
sosialisasikan sangat
menentukan keberhasilan pemasaran,
jika harga tarif
rendah dibarengi dengan tingginya kualitas pelayanan barang dan jasa,
maka konsumen akan lebih tertarik menggunakan jasa dan membeli motor Honda.
Seperti diawal telah saya sebutkan bahwa memang harga relatif mahal, tetapi
apabila kualitas yang di hasilkan sepadan maka konsumen tetntu tetap memilih
Honda sebagai prioritas.
Yang paling
diwaspadai adalah kompetitor, sebab selain persaingan harga sangat ketat.
Secara umum semua menawarkan harga yang relatif murah atau terjangkau.
Disinilah poin yang harus diperhatikan. Ketika harga mulai ketat, maka satu-satunya
cara yang dapat dimaksimalkan adalah mempertahankan atau bahkan meningkatkan
kualitas dan pilihan bagi konsumen. Dan saat ini kunci keberhasilan Honda
adalah pada kualitas yang dimiliki.
Distribusi
Seperti uraian company profile
sebelumnya, PT Astra Honda Motor memiliki 3.800 layanan service atau
bengkel AHASS, serta 6.500 gerai suku cadang sepeda motor Honda di
seluruh Indonesia. Hal yang mungkin jadi masalah adalah pabrik Honda terdapat
di Jawa, padahal konsumennya seluruh Indonesia. Oleh karena itu sistem transportasi
pengangkut harus selalu diperhatikan.
Hal ini mengacu pada pendapat Philip Kotler, Basu Swastha & Irawan
ataupun David W Cravens yang intinya hampir sama yaitu dalam distribusi
yang harus di perhatikan adalah sistem transportasi, sistem penyimpanan, dan pemilihan
saluran distribusi. Dari ketiga hal tersebut AHM telah mampu memenuhi dan
setidaknya mengatasi permasalahan distribusi. Hal ini terbukti bahwa AHM
memiliki 1.600 showroom dealer penjualan resmi AHM.
Dear Customer
BalasHapusPurchasing and Import Departement
Dengan Hormat,
Perkenalkan kami dari PT.SEMPURNA JAYA GEMILANG INDONESIA mengajukan penawaran jasa kerjasama importasi dalam hal pengurusan pengeluaran barang Import di Kepabeanan baik via pelabuhan Tanjung Priok maupun Bandara Sukarno Hatta.
Hendling kami adalah Sbb :
I. IMPORT & EXSPORT
-- Sea and Air Freight
-- Customs Clearance Services
-- Door to Door
-- Undername Consignee
-- Borongan
-- PPJK Edi System --( Asuransi Import atau Exsport )
II. DOMESTICS VIA LAUT
-- Kapal--RORO--LCT--CARGO--DII
III. VIA DARAT TRUCKING
-- TRONTON-TREILER-LOBET-KUMETO-DOLY-FUSO-CDD-WINKBOK
VI. UNTUK KUOTA BARANG BEKAS
-- CRANE MOBIL - CRANE,EXCAVATOR PILING DRIVES
Demikian penawaran ini kami ajukan kepada Perusahaan Bapak/Ibu pimpin semoga terjalin kerjasama dengan baik untuk yang akan datang,atas perhatiaannya kami ucapkan terima kasih.
Best Regards
HERWANDI: 0813-8292-5003
PT.SEMPURNA JAYA GEMILANG INDONESIA
PPJK Customs Clearance-Service Door to Door- Undername Domestics Trucking Cdd dll.
Office : Jl.Radin Inten lantai II No.85E Lt.2 Duren Sawit Jakarta Timur POS-13440
Phone +6221 2284 6669
Fax +6221 2284 6522
Wa +6281382925003
E-mail : herwandi.exim@gmail.com
Web: : www.sjgi.co.id