Kamis, 12 Juni 2014

Analisis Lingkungan Bisinis ( SWOT)
Untuk membuat suatu rencana maka setidaknya AHM mengevaluasi faktor eksternal maupun faktorinternal. Analisis faktor-faktor haruslah menghasilkan adanya kekuatan (strength) yang dimiliki oleh suatu organisasi, serta mengetahui kelemahan (Weaknesses) yang terdapat pada organisasi itu. Sedangkan analisis terhadap faktor eksternal harus dapat mengetahui kesempatan (opportunity) yang terbuka bagi organisasi serta dapat mengetahui pula ancaman (treaths) yang dialami oleh organisasi yang bersangkutan.

Faktor Internal
Kekuatan
  • Kualitas, kualitas produk yang di produksi telah berstandar internasional dan telah memasyarakat di masyarakat Indonesia.
  • Kuantitas, kemampuan produksi yang lebih dari 30.000 unit dengan didukung 4 pabrik yang beroperasi.
  • Branch Mark, produk Honda yang mayoritas digunakan oleh masyarakat Indonesia membuat merk Honda menjadi merk terbaik di kalanga masyarakat.
  • Prestasi, prestasi yang di dapat oleh PT Astra Honda Motor dibuktikan dengan banyaknya penghargaan terbaik kepada PT Astra Honda Motor.
  • Mudah dalam mendapatkan spare part. Station servicedan spare part yang terdistribusi hingga tersebar hampir ke seluruh kota di Indonesia membuat konsumen dengan mudah mendapatkan part untuk perbaikan maupun aksesoris lainnya.
  • Dealer / Show room yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk membeli produk dari Honda.
  • Teknologi , kemajuan teknologi canggih di dunia otomotif terus berkembang. Begitupun teknologi yang terus dikembangkan dan diterapkan pada produk Honda membuat masyarakat semakin mempercayai kualitas produk dari PT Astra Honda Motor.
  • Low Price Produk, Harga jual produk yang terjangkau semakin membuat masyarakat mudah untuk membeli produk dari Honda tersebut. Sebagaimana yang di ketahui dengan kondisi ekonomi yang semakin menuntut disetiap sektor , masyarakat harus mampu untuk mengelola keuangan dengan baik termasuk untuk membeli produk dengan harga yang terjangkau.
Kelemahan
  • Model atau design yang kurang modis, desain yang kurang modis dan mengikuti keinginan masyarakat membuat minat masyarakat untuk membeli produk menurun. Keinginan atau trend dariwaktu ke waktu terus berubah membuat para produsen harus dapat mengerti keinginan masyarakat.
  • Produk yang abnormal, beberapa varian produk dari Honda ini mengalami gangguan ketika produk tersebut telah dijual atau dipasarkan ke masyarakat.
  • Part yang cenderung mahal, spare part atau suku cadang yang relatif mahal mempunyai faktor penjualan produk terhadap daya beli masyarakat. Ketika suku cadang mahal, masyarakat pengguna produk memikirkan jangka panjang terhadap suku cadang produk yang dibelinya tersebut. Itu dikarenakan suku cadang merupakan bagian yang penting saat part dari produk memasuki masa usia layak pakainya.
Faktor Ekstenal
Peluang
·         Mempunyai citra yang kuat dari Brand “Honda” sebagai merek pertama di Indonesia atau Image sepeda motor Honda sudah melekat di Masyarakat.
·         Geografis di Indonesia cocok apabila di pakai jenis Sepeda motor, khususnya di daerah
·         Merupakan kendaraan pribadi yang sesuai dengan kondisi perekonomian di Masyarakat dari segi harga dan kualitas
·         Kepadatan kendaraan roda 4 di kota beasr membuat peluang tersendiri bagi kelas sepeda motor.

·         Jumlah penduduk yang besar, tingkat populasi penduduk yang cukup besar merupakan pasar potensial yang dapat dijadikan sebagai target penjualan produk. Semakin banyak penduduk kemungkinan untuk menjual produk lebih banyak sangat terbuka lebar.
·         Produsen yang masih terbatas, terbatasnya produsen produk otomotif khususnya sepeda motor memberikan peluang besar terhadap PT Astra Honda Motor untuk mengambil pangsa pasar tersebut.
·         Ekspansi ekspor ke negara berkembang, sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa PT Astra Honda Motor telah melakukan eksport produknya ke negara yang sedang berkembang. Ekspansi ini perlu dilakukan untuk mengembangkan pangsa pasar dan peningkatan penjualan serta perluasan jaringan terhadap produk yang hendak di pasarkan.
·         Kepercayaan Honda Japan Corp., kepercayaan pemilik brand Honda dari jepang terhadap PT Astra Honda Motor merupakan sebuah peluang untuk terus mengembangkan potensi yang ada pada PT Astra Honda Motor. PT Astra Honda Motor terus berkoordinasi guna menjaga stabilitas hubungan dan perkembangan teknologi terbaruBanyaknya komunitas motor Honda, para pengguna honda yang membentuk komunitas ini seharusnya dapat dijadikan sebagai salah satu pangsa pasar produk dimana komunitas pecinta sepeda motor ini merupakan aset ATPM untuk mencoba memasarkan produk terbaru. Ini berguna sebagai acuan untuk tahapan proses selanjutnya.    

Ancaman
  • Produsen lain yang terus berkembang, produsen otomotif lain yang terus berbenah diri dan berkembang serta berusaha untuk membagun citra positif untuk merebut sebagian pangsa pasar otomotif merupakan sebuah ancama PT Astra Honda Motor terhadap produk yang dipasarkan.
  • Krisis Global, tidak bisa di pungkiri bahwa pengaruh ekonomi global dapat mengurangi daya beli pasar terhadap produk terutama pasar nondomestik yang mengalami krisis tesebut.
  • Bencana alam, bencana tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu membuat Honda Corp Japan mengalami goncangan. Ini membuat part yang masih di import langsung dari Jepang megalami keterhambatan.
  • Part import , suku cadang yang masih belum dapat sepenuhnya di produksi dalam negeri membuat ketergantungan akan suku cadang import masih tinggi. Apabila terjadi keterlambatan atau hambatan dalam distribusi suku cadang akan berpengaruh terhadap produksi produk tersebut.
  • Suku Bunga bank, suku bunga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, apabila sukubunga turunmaka daya beli akan naik namun apabila suku bunga itu naik maka akan terjadi penurunan daya beli masyarakat dan menjadi salah satu ancaman bagi penjualan produk.
  • Investasi, PT Astra Honda Motor merupakan perusahaan tebuka. Ini berarti bahwa kepemilikan sahamnya dimiliki oleh beberapa pemegang saham. Investasi yang tumbuh dengan baik akan memberi dampak positif bagi kelangsungan perusahaan., namun sebaliknya jika kondisi investasi memburuk maka menjadi ancaman terhadap kelangsungan hidup perusahaan. Investasi merupakan modal utama pada sebuah perusahaan terbuka.
  • Kebijakan pemerintah, kebijakan pemerintah merupakan suatu hal yang sangat perlu di perhatikan, meskipun jarang terjadi hal ini menjadi suatu faktor yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan. Contoh kecil adalah kenaikan harga bbm, ini memicu oenurunan daya beli masyarakat terhadap produk otomotif.
  • Besaran Uang muka, sebagian besar di Indonesia penggunaan sistem kredit menjadi pilihan terbanyak bagi masyarakat yang membeli produk otomotif. Keringanan dalam membayar dan dengan menyerahkan uang muka dapat membeli produk tersebut. Semakin kecil uang muka semakin besar daya beli masyarakat untuk membeli produk dengan dicicil. bgtu pula sebaliknya.
·         Banyak pesaing, khususnya yang paling kuat adalah brand Yamaha dan Suzuki.
·         Persaingan harga produk dengan CC yang sama relatif ketat.

·         Banyak kompetitor yang membuka dealer di kota – kota kecil bahkan sudahsampai di kecamatan – kecamatan.

Selanjutnya setelah peluang, ancaman, kelemahan dan kekuatan di ketahui, barulah dapat di cari atau disiapkan tahap analisisnya.Dengan analisis tersebut dapat disiapkan strategi yang dapat di gunakan.Adapun model strategi tersebut salah satunya yang dapat digunkan Matrik SWOT.Matrik ini dapat menggambarkan kombinasi atas gambaran factor internal dan ekternal.

Dari uraian diatas dapat dibahas alternatif strategis sebagai berikut :

Strategi SO
Adalah memanfaatkan seluruh kekuatan dan memanfaatkan peluang sebesar – besarnya. Sehingga yang dapat di tempuh adalah :
o    Meningkatkan produksi jenis tertentu yang sedang menjadi tren, misal jenis matic atau sport.
o    Memberikanvariasiharga sesuai dengan daerah.
o    Mempergencarpromosi di daerah.
o    Memberikanvariasipelayanan di dealer – dealer dan purna jual.
o    Memberikan variasi pelayanan di jasa service.

Strategi ST
Adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman. Yang dapat di tempuh atau dilakukan adalah :
o    Inovasi produk dengan tetap mengandalkan keiritan dan kekuatan mesin.
o    Memberikantrainingskillpadapegawai khususnya di bagian pelayanan jasa service.
o    Mempermudah system pembelian atau kredit.
o    Menambah dealer atau show room di daerah – daerah.

Strategi WO
Adalah strategi dalam menggunakan peluang yang dimiliki perusahaan dengan meminimalkan kelemahan yang ada. Yang mungkin dapat dilakukan adalah :
o   Memiliki system distribusi dan penyaluran yang merata ke seluruh wilayah sesuai dengan pangsa pasar wilayah terkait.
o    Membuat style atau bodi yang lebih dinamis dan modern.
o    Menyediakan stok jenis terntentu di dealer khususnya sesuai orientasi pasar yang di tuju misalnya peningkatan jenis skutik dan sport.

Strategi WT
Adalah strategi yang bersfiat difensif dan berusaha meminimalkan kelemahan serta menghindari ancaman.
o    Menyediakanpaketsurprice atau hadiah (biasanya undian berhadiah dari pelanggan Honda).
o    Melakuakanpromisikedesa-desa dan gencar memberikan promosi di segmen-segmen tertentu.
o    Membuat suku cadang yang lebih murah.

o    Inovasi produk terus menerus.

Starategi Segmenting,Targeting,Positioning (STP)
·         Segmenting
PT Astra Honda Motor (AHM) membuka lembaran baru tahun 2014 dengan keberhasilan menempati peringkat pertama penjualan di segmen motor sport. Pada bulan Januari, AHM memimpin segmen motor sport setelah berhasil meraih 46% pangsa pasar atau 32.399 unit.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) pada bulan pertama 2014,  penjualan motor di segmen motor sport nasional tercatat sebanyak 70.938 unit atau turun 6% dibandingkan dengan Januari 2013 yang hanya 75.418 unit. Pada bulan yang sama AHM justru membukukan lonjakan pertumbuhan penjualan sebesar 49% dibandingkan dengan Januari 2013 yang hanya 21.698 unit.
Deputi GM Sales Division AHM Thomas Wijaya menyatakan pada awal tahun ini secara nasional pasar motor sedikit mengalami penurunan, termasuk di segmen motor sport. Namun demikian, permintaan terhadap sepeda motor sport Honda justru mengalami pertumbuhan yang positif dibandingkan tahun sebelumnya. Pada bulan lalu, AHM meluncurkan sepeda motor sport terbaru New Honda MegaPro FI dan Honda Verza.  Kepercayaan konsumen Indonesia semakin besar seiring dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang memakai sepeda motor sport Honda seperti Honda CB150R StreetFire, Honda Verza, dan New Honda MegaPro FI yang hadir dengan teknologi injeksi terkini yang terbukti irit. Selain itu, teknologi MotoGP DOHC di Honda CB150R StreetFire semakin terbukti memiliki performa tinggi dengan desain sporti yang terbukti tangguh, handal, dan nyaman. Model ini pun memiliki desain sporti yang keren dan berjiwa muda.
Di segmen motor sport, AHM memasarkan beberapa model sepeda motor dengan target sasaran yang berbeda-beda, yaitu Honda New MegaPro FI, Honda CB150R StreetFire, Honda Verza150, Honda Tiger, dan Honda CBR Series.  
Secara keseluruhan, penjualan AHM pada bulan Januari 2014 tercatat sebanyak 367.069 unit atau 63,26% pangsa pasar dari total pasar motor nasional sebanyak 580.288 unit. Di segmen bebek, AHM mendominasi dengan pangsa pasar sebesar 46,3% setelah berhasil menjual 59.023 unit. Sementara itu di segmen skutik, kepemimpinan AHM juga semakin kokoh setelah berhasil menguasai 72,2% pangsa pasar melalui angka penjualan sebanyak 275.647 unit.
·         Targeting
Kehadiran New Honda MegaPro FI di pasar motor nasional mendapat sambutan baik dari para pecinta motor sport. Penjualannya pada bulan lalu melampaui target yang direncanakan PT Astra Honda Motor (AHM) yaitu 5.000 unit perbulan. Berdasarkan data perusahaan, sepeda motor sport terbaru berteknologi injeksi ini pada bulan lalu terjual sebanyak 5.422 unit. Pencapaian ini berkontribusi positif terhadap total penjualan motor injeksi Honda yang tumbuh 21% dari 301.873 unit pada bulan Januari menjadi 364.199 unit pada bulan lalu.
Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan besarnya animo masyarakat terhadap New Honda MegaPro FI membuktikan kepercayaan masyarakat yang semakin positif terhadap produk-produk injeksi Honda yang ditawarkan di semua segmen, termasuk di segmen sport.
New Honda MegaPro FI hadir dengan mesin baru 150cc, SOHC, 5-Kecepatan yang telah dilengkapi dengan teknologi PGM-FI. Mesin baru ini memiliki performa yang bertenaga, responsif, dan hemat bahan bakar serta lebih ramah lingkungan. Mesin baru ini telah mampu memenuhi regulasi pemerintah tentang tingkat kebisingan suara knalpot dan juga memenuhi standar emisi EURO 3.
Selain New Honda MegaPro FI, penjualan motor sport Honda juga ditopang oleh model-model sport injeksi lainnya yang pada bulan lalu pun tumbuh signifikan dibandingkan bulan Januari, seperti Honda Verza 150 yang terjual 15.098 unit atau tumbuh 47,7%, serta Honda CB150R yang terjual 24.720 unit atau tumbuh 28,3%. Peningkatan penjualan model-model sport injeksi Honda ini melambungkan total penjualan motor sport Honda sebesar 40% atau terjual 45.240 unit.
Tumbuh 15,6%.Secara keseluruhan, penjualan sepeda motor Honda pada bulan Februari tercatat sebanyak 423.950 unit atau tumbuh 15,6% dibanding total penjualan bulan Januari. Segmen skutik masih menjadi kontributor utama penjualan Honda yang pada bulan lalu terjual 303.020 unit melalui penjualan Honda Vario series sebesar 112.202 unit, Honda BeAT series sebesar 165.412 unit, Honda Scoopy sebesar 23.237 unit, dan Honda Spacy sebesar 2.169 unit.
Sementara di segmen bebek, AHM menjual 75.690 unit sepeda motor bebek atau tumbuh 28,6% dibanding bulan Januari yang tercatat terjual 58.879 unit. Pertumbuhan ini didominasi oleh lonjakan penjualan Honda Revo series yang terjual 33.958 unit atau meningkat 138,9%, disusul dengan kontribusi penjualan Honda Supra series sebesar 32.577 unit dan Honda Blade sebesar 9.155 unit.
·         Positioning
Posisi Honda sebagai raja skutik di Indonesia semakin kokoh setelah pada bulan Januari lalu PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil membukukan angka penjualan sebesar 286.226 unit. Pencapaian ini semakin mengukuhkan posisi Honda sebagai pemimpin pasar skutik dengan 71,7% pangsa pasar. 
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor skutik di pasar domestik pada bulan lalu tercatat 398.995 unit atau tumbuh 21,7% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penjualan Honda sendiri tercatat sebanyak 286.226 unit atau tumbuh 18,9% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. 
Honda BeAT series tercatat sebagai kontributor terbesar penjualan skutik AHM setelah pada bulan lalu terjual sebanyak 147.213 unit atau 51,4% dari total penjualan skutik Honda pada bulan pertama 2013. Honda Vario series menjadi penyumbang terbesar berikutnya dengan angka penjualan 116.664 unit atau 40,7% dari total penjualan skutik Honda. Selain dua model ini, AHM juga memasarkan model skutik lain yang juga sangat diminati oleh konsumen, yaitu Honda Scoopy, Honda Spacy Helm in PGMFI, dan Honda PCX.
Deputy GM Sales Division AHM Thomas Wijaya model skutik sangat diminati masyarakat Indonesia karena kepraktisannya. Karena itu, AHM terus melakukan inovasi terhadap model skutiknya agar dapat memberikan yang terbaik bagi para pecinta skutik. Selain memperkenalkan The All New Honda BeAT- FI pada akhir tahun lalu, AHM pada awal bulan ini juga merilis New Honda Scoopy FI yang kini tampil dengan desain baru metro stylish dengan dibekali teknologi injeksi terbaru yang membuatnya lebih hemat BBM 26% dari generasi sebelumnya. 
Pasar motor nasional Pencapaian Honda di segmen skutik ini sejalan dengan kokohnya kepemimpinan Honda di pasar nasional. Pada bulan lalu, total penjualan motor di pasar domestik tercatat 646.082 unit dan Honda menyumbangkan 61,6% pangsa pasar setelah berhasil membukukan angka penjualan sebanyak 398.200 unit atau melonjak 30,4% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. 
Pertumbuhan penjualan Honda pada bulan Januari ini juga tercermin pada peningkatan penjualan jenis motor bebek yang pada bulan lalu tercatat sebanyak 90.400 atau melambung 70,1% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Pencapaian ini membuat posisi Honda sebagai raja motor bebek juga semakin kokoh dengan penguasaaan pangsa pasar sebesar 60,2%. Pada bulan lalu, Honda Supra series tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan angka penjualan 42.894 unit, diikuti oleh Honda Revo series dengan angka penjualan 32.756 unit, dan Honda New Blade sebanyak 14.750 unit. 
Tak kalah menggembirakan, di segmen motor sport Honda juga mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan yaitu 86,3% setelah pada bulan lalu berhasil membukuan penjualan sebanyak 21.574 unit. Kehadiran Honda CB150R StreetFire dan Honda Verza 150 memberikan peran penting dalam lonjakan pertumbuhan penjualan motor sport Honda pada bulan pertama tahun ini.

2 komentar:

  1. MAKASIH GAN, sangat membantu :))

    BalasHapus
  2. Casino: Why is gambling the most dangerous of all
    A casino gambling addict is simply https://febcasino.com/review/merit-casino/ gambling the most dangerous of all other people. worrione A gambler's septcasino life is not just 토토사이트 about the outcome of an action,

    BalasHapus